top of page

Investasi

Pengertian Investasi

Menurut Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus, (1993:183) investasi adalah pengeluaran yang dilakukan oleh para penanaman modal yang menyangkut penggunaan sumber-sumber seperti peralatan, gedung, peralatan produksi dan mesin-mesin baru lainnya atau persediaan yang diharapkan akan memberikan keuntungan dari investasi tersebut.

Jenis-jenis Investasi Jenis-jenis aset dalam investasi, terdapat 2 macam aset, yaitu aset riil dan aset finansial 1. Aset Riil adalah aset yang memiliki wujud Berinvestasi pada aset riil merupakan hal yang umum dilakukan dan akan memberikan keuntungan, karena meskipun harganya naik turun, tetapi dalam jangka panjang nilanya cenderung meningkat Contoh : tanah, rumah, emas dan logam

2. Aset finansial merupakan aset yang wujudnya tidak terlihat, tetapi tetap memiliki nilai yang tinggi. Umumnya aset finansial ini terdapat didunia perbankan dan juga pasar modal, yang di Indonesia dikenal dengan Bursa Efek Indonesia. Contoh : Instrumen pasar uang, obligasi, saham dan reksa dana – Instrumen pasar uang adalah surat utang jangka pendek yang kurang dari satu tahun yang dikeluarkan oleh Pemerintah atau Perusahaan Contoh : Deposito, Sertifikat Bank Indonesia Instrumen pasar uang memiliki tingkat resiko investasi berupa gagal membayar nilai investasi dan bunga yang rendah – Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan jangka waktu utang pada obligasi adalah lebih dari satu tahun. Obligasi merupakan tingkat investasi yang rendah, namun resikonya sedikit di atas instrumen pasar uang. Resiko terbesar adalah adanya kemungkinan penerbit obligasi tidak dapat membayar kembali utangnya. – Saham adalah tanda bukti kepemilikan seseorang atas sebuah perusahaan Orang yang memiliki saham berhak atas pembagian keuntungan yang didapatkan perusahaan tersebut, yang disebut dengan deviden, sesuai prosentase kepemilikannya di Perusahaan tersebut.

Untuk materi lebih lanjut dan yang lebih lengkap silahkan klik disini

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page