top of page

Sistem Perhitungan Biaya dan Akumulasi Biaya


SISTEM BIAYA

Sistem Biaya adalah organisasi dari formulir, catatan dan laporan yang terkoordinasi yang bertujuan untuk melaksanakan kegiatan dan merupakan informasi biaya bagi manajemen.

Dalam Akuntansi biaya sistem yang dapat digunakan untuk mengalokasikan dan membebankan biaya ke unit produksi dapat dikelompokkan menjadi dua sistem yaitu:

1. Sistem Biaya Sesungguhnya (Historis)

2. Sistem Biaya Ditentukan di muka (Biaya Standar)

Sistem Biaya Sesungguhnya

Sistem biaya sesungguhnya atau sistem biaya aktual adalah suatu sistem dalam pembebanan harga pokok produk atau pesanan atau jasa pada saat biaya tesebut sudah terjadi atau biaya yang sesungguhnya dinikmati. Penyajian hasil baru akan dilakukan apabila semua operasi sudah aelcsai pada periode akuntansi yang bersangkutan.

Sistem Biaya Ditentukan Di muka

Sistem biaya ditentukan dimuka adalah suatu sistem dalam pembebanan harga pokok kepada produk atau pesanan atau jasa dihasilkan sebesar harga pokok yang ditentukan dimuka sebelum suatu produk atau jasa dikerjakan.Pada akhir periode Akuntansi kedua sistem biaya ini dicatat dan kemudian dibandingkan sehingga terlihat adanya varians antara biaya yang sesungguh­nya terjadi dengan biaya yang ditentukan dimuka. Varians tersebut yang timbul adalah varians lebih (over applied) dan varians kurang (tinder applied).

Untuk materi lebih lengkap, silahkan klik disini


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page