top of page

Konsep Biaya & Sistem Informasi Akuntansi Biaya


Konsep Biaya

Konsep biaya telah berkembang sesuai dengan kebutuhan akuntan, ekonom, dan insinyur. Akuntan telah mendefinisikan biaya sebagai “suatu nilai tukar, pengeluaran atau pengorbanan yang dilakukan untuk menjamin perolehan manfaat. Dalam akuntansi keuangan, pengeluaran atau pengorbanan pada tanggal akuisisi dicerminkan oleh penyusutan atas kas atau asset lain yang terjadi pada saat ini atau di masa yang akan datang”.

Sering kali istilah biaya (cost) digunakan sebagai sinonim dari beban (expense). Tetapi beban dapat didefinisikan sebagai arus keluar yang tertukar dari barang atau jasa yang kemudian ditandingkan dengan pendapatan untuk menentukan laba.

Istilah biaya menjadi lebih spesifik ketika istilah tersebut dimodifikasi dengan deskripsi seperti langsung, utama (prime), konversi, tidak langsung, tetap, variable, terkendali (controllable), produk, periode, bersama (joint), estimasi, standard, tertanam (sunk), atau tunai (out of pocket).

Sistem Informasi Akuntansi Biaya

Informasi biaya yang sistematis dan komperatif, serta data biaya dan laba analitas dibutuhkan agar manajer dapat menetapkan target laba, menetapkan target departemenal untuk manajemen tingkat menengah dan manajemen operasi, mengevaluasi efektivitas rencana, menunjukkan keberhasilan atau kegagalan tertentu, mengidentifikasikan dan memilih strategi, serta memutuskan penyesuaian dan perbaikan dalam organisasi.

Mendesain sistem akuntansi biaya membutuhkan pemahaman atas struktur organisasi dan jenis informasi yang dibutuhkan. Sistem tersebut harus didesain untuk mendukung manajemen berdasarkan pengecualian, yaitu sistem tersebut harus menyediakan bagi manajemen informasi yang memfasilitasi identifikasi segera atas aktivitas-aktivitas yang memerlukan perhatian.

Beberapa persyaratan pembukuan dan pelaporan diharuskan oleh kekuatan eksternal. Persyaratan hukum, undang-undnag, dan kontraktual harus dipenuhi oleh sistem yang efektif secara biaya. Kecanggihan sistem diluar persyaratan tersebut ditentukan semata-mata oleh nilai yang dihasilkannya bagi manajemen.

Untuk materi lebih lengkap, silahkan klik disini


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page