top of page

Manajemen, Kontroler, dan Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya dalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara-cara tertentu serta penafsiran terhadapnya. Tujuan akuntansi biaya adalah untuk menyediakan informasi biaya bagi kepentingan manajemen guna membantu mereka di dalam mengelola perusahaan atau bagiannya.

Biaya dapat digolongkan menjadi beberapa golongan yaitu:

  1. Obyek Pengeluaran

  2. Fungsi-Fungsi Pokok Perusahaan.

  3. Hubungan Biaya dengan Sesuatu yang Dibiayai.

  4. Atas Dasar Tingkah Lakunya terhadap Perubahan Volume Kegiatan.

  5. Jangka Waktu

Pengendalian Biaya

Tanggung jawab atas pengendalian biaya sebaiknya diberikan kepada individu-individu tertentu yang juga bertanggung jawab untuk menganggarkan biaya yang berada di bawah kendali mereka.sistem yang di desain untuk mencapai tujuan tersebut disebut sistem akuntansi pertanggungjawaban (responsibility accounting system).Untuk membantu dalam mengendalikan biaya dapat menggunakan biaya yang telah di tetapkan sebelumnya yang disebut biaya standar (standard cost).Aspek penting lainnya dari pengendalian biaya adalah identifikasi dari biaya aktivitas yang berbeda di bandingkan biaya dari departemen dan produk yang berbeda. Aktivitas-aktivitas lainnya, disebut aktivitas tidak bernilai tambah (non-value-added activities), umumnya adalah hasil dari kompleksitas setting produksi dan tidak spesifik terhadap produksi suatu produk atau jasa tertentu.

Penetapan Harga

Kebijakan penetapan harga oleh manajemen idealnya memastikan pemulihan (recovery) atas semua biaya dan mencapai laba, alam kondisi yang sulit sekalipun. Meskipun penawaran dan permintaan biasanya merupakan faktor penentu dalam penetapan harga, penetapan harga jual yang menguntungkan memerlukan pertimbangan atas biaya. Tender kompetitif atas suatu pekerjaan tertentu, misalnya, merupakan pengambilan keputusan penetapan harga yang sulit apabila hanya ada sedikit atau bahkan sama sekali tidak ada pengalaman di masa lampau denagn jenis produk atau jasa yang terlibat.

Untuk materi lebih lengkap, silahkan klik disini


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page